Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BUMDesa Maju Jaya semakin dinamis, setelah kesling kini siap garap pertanian

Jodi Perniawan, Direktur BUMDesa Maju Jaya di lahan pertanian.

P3MD Wanayasa - BUMDesa Maju Jaya Desa Taringgul Tonggoh melakukan pelayanan terhadap warga sejak pagi hari.

Saat ditemui di Kantor BUMDes tampak beberapa orang ibu-ibu yang berkonsultasi menganai penanganan sampah.

Saat ini BUMDesa Maju Jaya terjun dalam pengelolaan sampah di lingkup Desa Taringgul Tonggoh. 

Meskipun secara keuntungan masih berorientasi benefit (keuntungan non-materi), BUMDesa Maju Jaya kini relatif mengalami kemajuan dalam manfaat dan kualitas pelayanan.

Pengurus menerima pengaduan dan konsultasi warga di Kantor BUMDesa.

Ketua BUMDesa Maju Jaya, Jodi Perniawan mengaku saat ini keuntungan dalam bentuk benefit lebih diutamakan dibandingkan dengan keuntungan dalam bentuk profit (keuntungan materi).

"Untuk sekarang mah yang penting BUMDesa bisa 'hadir' di masyarakat. Manfaat dalam kebersihan lingkungan sangat penting dan menguntungkan bagi warga dalam jangka panjang," ujar Jodi.

Wacana selanjutnya, Jodi akan mengembangkan unit usaha pertanian yang menurutnya usaha pertanian tersebut sangat penting digarap, karena berkaitan dengan tumpuan ekonomi mayoritas penduduk Desa Taringgul Tonggoh.

"Ke depan kita perlu garap (unit usaha) pertanian. Warga sini (Desa Taringgul Tonggoh) mayoritas di pertanian, baik sebagai petani, penggarap maupun buruh tani," ungkap Jodi.

"Kemarin Alhamdulillah ada Pak Sentot dan Pak Kukun dari Dinas Pertanian (Dispangtan Purwakarta). Kita identifikasi dan selaraskan pengembangan usaha pertanian dengan program yang ada di Pemerintah Kabupaten dan lainnya," lanjut Jodi. (enjs)